Traveloka Terancam Tenggelam

Posted on

Pemilik Traveloka, Derianto Kusuma, melakukan aksi walk out ketika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah berpidato santer menjadi sorotan netizen.

Parahnya, netizen ramai-ramai menyerukan ajakan untuk menghapus aplikasi Traveloka dari smartphone mereka. Ajakan ini pun bergema di Twitter sehingga menjadi topik teratas di lini masa Twitter Indonesia.

Bos perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel itu melakukan aksi walk out bersama dengan komposer pianis ternama Ananda Sukarlan saat Anies Baswedan berpidato di acara Hari Ulang Tahun ke-90 Kolese Kanisius di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, hari Sabtu, 11 November 2017.

Begitu Ananda keluar ruangan pertemuan, menurut kabar yang beredar bos yang mensponsori Sepak Bola Liga 1 Indonesia itu langsung menyalami sang pianis. Sikap yang ditunjukkan pendiri Traveloka dinilai oleh publik sebagai pelecehan terhadap pemimpin Jakarta yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014-2016) itu.

Aksi ini dilakukan karena ratusan alumni Kolese Kanisius tidak setuju terhadap pidato tersebut. Setelah Anies meninggalkan tempat, para hadirin yang walk out kembali lagi memasuki ruangan.

Berdasarkan keterangan resmi dari Perkumpulan Alumni Canisius 86, diketahui bahwa Ananda Sukarlan mengkritik penyelenggara yang menghadirkan Gubernur terpilih pengganti Ahok.

Ajakan mencabut aplikasi Traveloka di Twitter, dengan tanda pagar #UninstallTraveloka membuat pengguna Twitter terbagi menjadi dua kubu; ada yang mendukung dan pula yang menyesalkan tindakan yang terlalu berlebihan tersebut.

Pihak Traveloka langsung memberikan jawaban resmi atas isu yang beredar tersebut. Menurut Traveloka ada informasi yang salah dari kabar yang sudah beredar luas.

Traveloka mengklarifikasi soal ikut terseretnya nama pimpinan mereka. Dikatakan bahwa Derianto tidak hadir dalam acara tersebut, berbeda dengan kabar yang beredar sebelumnya. Traveloka mengatakan, kabar tentang Derianto yang ikut hadir dan menyalami Ananda adalah hoaks belaka, sebab saat acara itu berlangsung Derianto sedang berada di luar Jakarta.