Minyak Kelapa Tidak Sebaik Yang Anda Pikirkan

Posted on

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal beberapa makanan “kesehatan”  – susu almond, agave nektar, granola.

Tapi sebenarnya makanan-makanan tersebut tidak sebagus yang Anda perkirakan.

Salah satu bahan makanan pokok yang terkenal adalah minyak kelapa, yang memiliki lemak jenuh tinggi, sejenis lemak tidak sehat  menurut  pandangan kebanyakan ahli gizi. Intinya, rasio lemak “buruk” terhadap “baik” adalah kebalikan dari apa yang direkomendasikan para ahli.

The American Heart Association (AHA) baru-baru ini memperbarui panduannya tentang lemak dan memberikan saran agar menghindari lemak jenuh. Lemak ini terutama ditemukan pada produk seperti mentega, daging sapi, dan produk hewani lainnya, namun juga dapat ditemukan di beberapa produk tanaman termasuk kelapa sawit dan minyak kelapa.

Jika Anda ingin mengekang asupan lemak jenuh Anda, banyak alternatif yang bisa dilakukan. Minyak zaitun memiliki rasio kebalikan dari lemak buruk terhadap yang baik, namun hampir identik dengan minyak kelapa dalam kandungan kalori dan lemak keseluruhannya. Satu sendok makan minyak zaitun hanya memiliki satu gram lemak jenuh, sedangkan minyak kelapa memiliki 12 gram.

AHA mengatakan bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi pada produk hewani seperti mentega dan minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggantikan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal membuahkan sejumlah hasil kesehatan positif, dari penurunan resiko kematian hingga penurunan kejadian penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif. Selain orang-orang di AHA, para ahli lain juga merekomendasikan untuk menghindari lemak jenuh karena mereka dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Namun, beberapa penelitian yang lebih kecil menyarankan bahwa beberapa orang dengan diet ketat dapat dengan aman mengkonsumsi lebih banyak lemak – termasuk lemak jenuh – dibandingkan orang yang makan sejumlah karbohidrat biasa. Ini termasuk orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat seperti Diet Atkins yang hanya makan sedikit makanan yang mengandung roti, kentang, atau nasi.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, bagaimanapun, dan makanan Anda termasuk karbohidrat, lemak, sayuran dan buah-buahan, minyak zaitun kemungkinan terbaik untuk menjadi minyak sehat pilihan Anda.