Lukaku Pergi, Rooney Pulang Kampung

Posted on
  • Manchester United setuju untuk membiarkan kapten Setan Merah, Wayne Rooney, bergabung kembali dengan Everton secara gratis.
  • The Toffees siap membayar kompensasi sebesar 10 juta Poundsrerling dan telah menawarkan Rooney gaji sebesar 150.000 Poundsterling perminggu.
  • Perpindahan Rooney ke Goodison Park tetap terpisah dari transfer Romelu Lukaku.
  • Striker asal Belgia itu tampaknya berpindah dengan cara lain dengan biaya sebesar 75 juta Poundsterling.

Everton sebenarnya hanya mencoba untuk mengontrak Rooney dengan status pinjaman namun pemegang saham mayoritas Farhad Moshiri dan Kenwright sejak saat itu mengakui ada banyak nilai komersial yang didapatkan ketika membawa pulang Rooney kembali ke rumahnya, sejak13 tahun setelah kepergiannya (saat itu Rooney dilepas dengan harga 27 juta Poundsterling)

Sportsmail melaporkan awal pekan ini tentang bagaimana Jose Mourinho telah membuat Lukaku menjadi target transfer musim panasnya tapi United tidak mau membayar uang transfer sejumlah 100 Poundsterling yang diminta Everton saat itu.

Mourinho datang kembali untuk mengajukan sebuah kesepakatan yang membuat Rooney bergabung kembali dengan klub masa kecilnya, yang telah membantu United mencuri pemain penyerang subur dari rival-rivalnya di Premier League, termasuk Chelsea yang harus gigit jari dalam hal persaingan mendapatkan Lukaku.

Banyak hal yang menjadi bahan perbincangan, apakah Rooney adalah pilihan yang lebih baik sebagai playmaker daripada Ross Barkley? Gylfi Sigurdsson dari Swansea adalah pemain lain yang dipercaya oleh Koeman untuk posisi yang sama, dan Everton sedang berusaha untuk mendatangkan pemain internasional Islandia itu. Sulit untuk mengetahui peran Rooney yang mungkin diminta oleh pelatih asal Belanda itu.

Di sisi lain, Everton membutuhkan pemain yang memiliki banyak pengalaman kepemimpinan. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan mengingat Everton berada di kompetisi Eropa musim ini.

Everton sepertinya menjadi surga bagi kebanyakan mantan pemain United yang akhirnya berlabuh di klub yang merupakan salah satu pendiri Liga Inggris itu dalam beberapa musim terakhir, dari Phil Neville dan Tim Howard hingga Tom Cleverley dan Morgan Schneiderlin, dan mungkin lebih baik seperti ini dari pada harus bergabung dengan rival seperti Manchester City atau Liverpool.